Sabtu, 18 Februari 2017

Ragam Keutamaan Ibadah Umroh Bagi Setiap Umat Muslim

Posted by Iwak Kalataw on 02.50 with No comments
Umroh merupakan perjalanan ibadah ke tanah suci yang membutuhkan perjuangan.  Maka dari itu, Allah memberikan ragam keutamaan ibadah umroh bagi hambanya yang sudah melaksanakannya. Saat menunaikan ibadah umroh sudah seharusnya disertai niat yang tulus dan hanya karena Allah SWT. Umroh bukanlah ajang untuk memamerkan harta atau mencari kesombongan diri atas pencapaian ibadahnya. 

Imam Abu Hanifah dan Imam Malik berpendapat kalau hukum menjalankan ibadah umroh adalah sunnah. Namun, menurut Imam Ahmad dan Imam Syafi’i hukum menunaikan ibadah umroh adalah wajib. Terlepas dari sunah atau wajibnya, sebaiknya jika kita sudah siap secara dana dan telah mendapatkan panggilan Allah, segeralah laksanakan umroh. Simak yuk beberapa keutamaan umroh agar memotivasi Anda untuk segera memenuhi seruan Allah tersebut :

foto:menatahidup.com

Umroh adalah jihad
Sama halnya dengan ibadah haji, umroh juga sebagai jihad bagi wanita muslim. Perihal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Rasululloh pada saat istrinya Aisyah bertanya, apakah wanita perlu berjihad? Nabi menjawab, seorang wanita boleh berjihad tapi bukanlah dengan berperang. Melainkan dengan menjalankan ibadah umroh dan Haji. Hadist tentang salah satu ragam keutamaan ibadah umroh ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah no.2901.

Umroh bisa menghapus dosa yang melaksanakannya
Ragam keutamaan ibadah umroh selanjutnya adalah sebagai penghapus dosa dari umroh yang satu dengan umroh selanjutnya. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwa, seseorang yang menunaikan ibadah umroh, maka dosanya dihapuskan diantara umroh yang satu dan umroh berikutnya. Dan saat seseorang menjalankan ibadah haji yang mabrur, Allah akan memberikan surga sebagai hadiahnya. (HR. Muslim dan Hr. Bukhori).

Umroh mampu menghilangkan kefakiran
Jangan takut miskin saat uang Anda digunakan untuk menjalankan ibadah umroh ke tanah suci. Karena ibadah umroh bisa menghilangkan kefakiran, sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Trimidzi, An Nasai dan Ahmad. Menurut Syaikh Al Albani, hadist tersebut shahih saat seseorang menunaikan ibadah haji dan diikuti dengan ibadah umroh. Maka, hal itu bisa menghilangkan kefakiran atau keimiskinan dan dosa-dosa yang diperbuat. 

Sebenarnya masih banyak sekali ragam keutamaan ibadah umroh untuk umat yang menjalankannya. Mantapkanlah hati Anda dan persiapkan sebaik mungkin secara rohani maupun jasmani. Jangan pikirkan kesulitan Anda setelah melaksanakan haji dan umroh. Allah akan memberikan jalan terbaik bagi Anda yang telah memenuhi panggilannya ke tanah suci.
Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar