Minggu, 16 Juli 2017

Mau Investasi Apartemen, Perhatikan Faktor Penting Ini !!

Posted by Iwak Kalataw on 15.56 with No comments



Investasi dalam bentuk apartemen tidak hanya dalapat dilakukan oleh orang dengan penghasilan puluhan juta saja atau masyarakat yang tinggal di ibu kota Jakarta  saja. Beberapa kota besar di Indoenasia saat ini sudah memiliki bangunan – bangunan vertical untuk dijadikan sebagai tempat tinggal, seperti misalnya di Surabaya. Ketika ingin terjun ke dunia investasi properti, memang kita diharuskan untuk memiliki modal cukup besar, tapi tidak selalu miliaran rupiah. Di berbagai kota besar di Indonesia kini inevastasi apartemen sudah sangat berkembang. Tidak hanya itu kini apartemen sudah menjadi target pada kalangan kelas menengah yang ingin tinggal di pusat kota.

Kita bisa memulai untuk terjun ke dunia investasi properti dengan membeli atau menyewakan apartemen kelas menengah tersebut. Bila kamu berminat, pastikan faktor – faktor penting dibawah ini kamu pahami agar investasi apartemen Surabaya yang kamu lakukan berjalan lancar.

Lokasi
Tentunya masyarakat aka lebih berminat dengan apartemen yang memiliki lokasi strategis. Lokasi yang strategis dapat dengan mudah membuat penghuni mencapai tempat – tempat tertentu dan mengakses jalan. Bagaimana lokasi apartemen yang dapat dikatakan sebagai lokasi yang sangat strategis ? apartemen akan strategis ketika lokasinya dekat dengan fasilitas public seperti rumah sakit, sekolah, universitas, perkantoran hingga kantor polisi, sekat dengan transportasi umum seperti halte bus, atau stasiun kereta api, bebas bencana banjir, memiliki jalan akses mudah menuju jalan tol, dekat dengan sarana untuk hiburan seperti kafe, restoran dan mall.

Fasilitas
Semakin lengkap fasilitas yang ada di apartemen maka semakin betah pula penghuni unit apartemen. Selain itu fasilitas yang lengkap akan membuat harga menjadi lebih tinggi. Namun bila kita memeliki sasaran targe kelas menengah maka tidak perlu memilih apartemen dengan fasilitas berlebihan. Cukup  dengan fasilitas standar seperti area parkir yang cukup luas dan memadai, sistem keamanan yang baik dengan petugas keamanan dan kamera pengawas (CCTV) minimarket di kompleks apartemen, lift dan tangga darurat. Bila ada fasilitas tambahan seperti pusat kebugaran dan kolam renang tentu akan lebih baik. Penyewa akan sangat tertarik untuk memilih apartemen dengan banyak fasilitas namun harga sewanya minim.

Status unit apartemen
Status kepemilikan unit apartemen ada tiga macam yakni Hak Guna Bangunan, Hak Pengelolaan lahan dan Hak milik. Sangat jarang apartemen yang dibangun di Indonesia memiliki status unit Hak Milik karena ada Udang – Undang Rumah Susun yang dikeluarka pemerintah menyatakan bahwa hanya warga Negara Indonesia saja yng dibolehkan memiliki sertifikat tersebut. Sedangkan developer apartemen tentunya akan membidik sasaran warga asing yang tinggal di Indonesia. Maka sertifikat hak guna bangunan lah yang paling sering kita temukan dan ditawarkan oleh developer atau pengelola apartemen. Dengan memiliki sertifikat ini, artinya kita dapatmemiliki unit apartemen dalam jangka waktu minimal 30 tahun dan bisa diperpanjang kemudian hari dengan jangka waktu 20 tahun.

Sedangkan HGB atau hak Guna Bangunan pengelolaan lahan telah mengatur bahgwa unit apartemen hanya bisa ditempati selama lahan bangunan tersebut tidak ditarik oleh pemilik aslinya. Bila masa berlaku Hak Guna Bangunan ini sudah pada tenggatnya dan lahan apartemen sudah diminta oleh pemilik lahan, maka penghuninya tidak akan mendapatkan uang sedikitpun sebagai penggantian.

Untuk itu ketika akan investasi apartemen Surabaya, pastikan bila unit apartemen tersebut setidaknya memiliki sertifikat hak guna bangunan agar aman. Perhatikan pula masalah PPJB atau perjanjian transaksi antara pembeli apartemen dan developer atau pengelola.

Material
Material apartemen sangat mempengaruhi nilai jualnya. Baiknya bila kita memilik apartemen dengan material yang tidak seadanya. Contohnya material dinding yang tidak bisa menyerap sura, tentu hal ini akan mengganggu penghuni yang tidak bisa menjaga privasinya. Begitupun dengan konstruksi bangunan apartemen, pastikan bangunan kokoh. Karena bagaimanapun juga resiko penghuni apartemen lebih tinggi dibandingkan dengan rumah tapak. Bagaimana bila terjadi gempa, penghuni rumah tapak bisa dengan mudah keluar rumah, bagaimana dengan penghuni apartemen.

Kamu bisa memeriksa material bangunannya melalui keterangan yang disampaikan oleh developer. Umumnya dalam brosur sudah diterangkan bahan yang dipakai untuk membangun unit apartemen dan ketebalannya.

Biasanya ada 3 jenis bahan material dinding yang dipakai untuk membangun apartemen, yaiku Bata merah yang sangat kedap suara, Tras Batako Putih yang tidak terlalu kedap suara, dan Bata ringan yang tidak bisa meredupkan suara.

Selain hal – hal diatas uang perlu untuk diperhatikan. Pastikan bila developer yang kamu pilih merupakan developer yang profesionbal dan bertanggungjawab. Karena saat ini masih ada saja developer yang bermasalah dengan hukum karena pembangunan proyek yang melanggar hukum. Misalnya banguna apartemen sudah dibeli namun sertifikat yang dijanjika tidakkunjung diterima oleh pembeli atau malah proyek sudah selesai dibangun namun perizinan belum diurus. Hal seperti ini sangat wajib untuk diwaspadai bila hendak investasi apartemen Surabaya ataupun di kota besar lainnya.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar