Selasa, 26 September 2017

Liburan ke Bali, Ini Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan

Posted by Iwak Kalataw on 15.23 with No comments



 
foto:jauhdekat.com
Siapa yang tak mengenal Bali? Pulau cantik yang menjadi incaran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara ini memang memiliki sejuta daya tarik untuk dikunjungi. Keeksotisan pantai dan pegunungannya menunjukkan bahwa lingkungannya benar-benar dijaga dengan baik oleh masyarakat dan pengelola wisata di Bali.
Bagi kamu yang ingin berlibur ke Bali, bisa memilih destinasi yang ditawarkan; mengunjungi tempat tradisional, modern, atau kedua-duanya. Meskipun pulau kecil, Bali memiliki banyak tempat yang rugi kalau tidak dikunjungi. Untuk itu, kamu harus membuat persiapan yang matang agar tujuan liburanmu tercapai. Berikut ini beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan.
1.      Rencanakan Anggaran
Buat estimasi pengeluaran untuk akomodasi (pesawat, penginapan, dan sewa kendaraan), komunikasi, makan, tiket masuk tempat wisata, dan tentu saja oleh-oleh untuk keluarga, tetangga, dan sahabatmu. Bawa uang cash seperlunya saja dalam dompet, sedangkan yang lainnya simpan di rekening agar bisa diambil sewaktu-waktu dengan ATM. Langkah ini juga untuk berjaga-jaga dan menghindari copet.
2.      Siapkan Barang yang Harus Dibawa
Bawa barang seperlunya saja, yang beberapa di antaranya yaitu pakaian dari katun, peralatan sholat dan mandi, sunblock, lotion antinyamuk, handphone, topi, dan jangan lupa kamera. Untuk wisatawan mancanegara, kelengkapan dokumen, uang rupiah (bisa ditukarkan di Bandara Internsional Ngurah Rai), dan steker adapter internasional (tegangan listrik di Indonesia yaitu 120 Volt dengan 2 pin).
3.      Pilih Waktu Terbaik
Waktu high season untuk salah satu pulau terpopuler di Indonesia ini antara Juli dan Agustus. Karena anak-anak mulai menjalani libur panjang usai kenaikan kelas, jumlah pengunjung cenderung meningkat di bulan ini. Jadi, lebih baik pilih waktu sebelum atau setelah high season, yaitu bulan Juni dan September. Selain harga penginapan atau hotel lebih murah, musim kemarau tersebut terasa sejuk dan tidak lembap.
4.      Buat List Objek Wisata
Jika waktu liburanmu tidak mencukupi untuk mengunjungi semua objek wisata di Bali, buat skala prioritas. Usahakan untuk memilih yang saling berdekatan satu sama lain. Pembuatan list ini tentu hanya berlaku untuk kamu yang melakukan travelling solo atau bersama keluarga pribadi. Sedangkan untuk yang menggunakan jasa travel, tidak perlu bingung karena mereka sudah merencanakan spot wisata terbaik untukmu.
5.      Hormati Tradisi dan Adat Setempat
Penduduk Pulau Seribu Pura ini dikenal religius. Jika kamu menemukan Banten atau sesajen bunga, jangan menginjaknya. Gunakan pakaian yang sopan seperti sarung dan senteng di area yang mereka anggap suci. Hindari berjalan di depan orang yang sedang sembahyang dan mengaktifkan flash kamera saat upacara adat. Sedangkan untuk perempuan, tidak diperbolehkan masuk jika sedang datang bulan.
Itu dia 5 persiapan yang dapat kamu lakukan untuk melengkapi rencana liburanmu ke Bali. Selain itu, cari referensi dengan melakukan survey, mencari harga promo untuk tiket pesawat online dan penginapan, serta tempat makan murah agar kamu dapat meminimalisir budget. So, have a nice holiday!
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar