Selasa, 07 November 2017

Update Pengetahuanmu! Simak Konsep Perumahan Masa Kini

Posted by Iwak Kalataw on 03.23 with No comments

foto hanya ilustrasi


Bagi first time buyer atau pembeli yang baru pertama kali, ketika mencari perumahan di Bogor biasanya mereka tidak hanya mengutamakan bangunan saja. Ada banyak pertimbangan psikologis yang melatar belakangi pemilihan rumah yang tepat untuknya dan keluarga. Tidak hanya dari segi lokasi dan spesifikasi bangunan, kini masyarakat juga mulai peka ketika memilih konsep dan desain perumahan yang ditawarkan pengembang.
Oleh karenaitu, cermat membaca kebutuhan pasar adalah kunci utama yang harus dimiliki pengembang sebelum membangun sebuah proyek hunian. Rumah tapak yang dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial tentu akan lebih menarik perhatian konsumen. Perkembangan zaman dan teknologi saat ini tentu sudah pasti mempengaruhi style dan keinginan konsumen pada sebuah tempat tinggal yang ingin mereka tempati. Demi kenyamanan pembeli dan kesuksesan penarikan konsumen, tentu developer dan pengembang perlu untuk mengikuti permintaan dan kebutuhan padre calon pembeli.
Untuk mewujudkan perumahan yang konseptual dan menarik di mata pembeli, developer tak harus menghabiskan anggaran untuk mempekerjakan arsitektur atau interior desainer kamul. Dengan berbekal ide dan perhitungan yang matang, pengembang juga bisa membuat proyeknya menjadi lebih menarik dan punya nilai tambah (added value). Banyak mencari informasi terupdate, ketahui permintaan pasar, kemajuan dunia teknologi perumahan. Simak beberapa konsep hunian tapak yang bisa dicontek developer pemula.

Ramah lingkungan
Tempat tinggal yang asri nan hijau tentu menjadi tipikal hunian impian semua orang. Tidak heran jika banyak pengembang yang memilih konsep eco-green terpampang di brosur perumahannya. Sebenarnya konsep ramah lingkungan ini tidak sebatas penanaman pohon dan taman di areal perumahan. Kamu bisa memilih material bangunan yang bersertifikat eco friendly, desain rumah yang mengutamakan cahaya dan aliran udara secara alami, sampai dengan daur ulang limbah dan air hujan menjadi layak dikonsumsi kembali. Atau menempatkan kolam dan taman di tengah rumah.

Berbasis teknologi
Perumahan di Bogor yang diinstal dengan perangkat pintar atau smarthome semakin banyak diminati pasar. Sayangnya, biaya perangkat teknologi yang cukup mahal membuat orang enggan memilikinya. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh pengembang untuk menarik target konsumennya. Cari tau lebih banyak kembali teknologi – teknologi yang bisa digunakan di dalam perumahan atau suatu rumah. Perangkat teknologi yang paling populer dipasang pada perumahan adalah kamera CCTV, sambungan internet WiFi, pintu gerbang otomatis hingga sandi masuk rumah dan lampu otomatis. Sementara beberapa perumahan berskala menengah ke atas ada yang menerapkan perangkat rumah pintar (smarthome) yang bisa dioperasikan langsung dari gawai pemilik rumah. Pemilik rumah bisa memantau keadaan rumah walaupun ia sedang berpergian. Berbekal smartphone dan sebuah aplikasi yang sudah terpasang pemilik rumah bisa memantau kondisi rumah dengan kamera yang sudah diletakan di setiap sudut rumah. Keamanan dan kenyamanan penghuni pun sangat dimanjakan.

Arsitektur bergaya Eropa klasik
Beralih ke konsep arsitektur, gaya klasik abad pertengahan Eropa ternyata cukup banyak mendapat penggemar di hati pencari rumah. Pasalnya, gaya tersebut identik dengan kesan mewah dan timeless. Dengan pilar besar dan detil ukiran di bagian fasadnya, sejumlah pengembang bahkan ‘nekat’ merealisasikan konsep bangunan klasik di perumahan mungilnya.

Fasilitas olahraga
Gaya hidup masyarakat urban yang aktif dan sibuk terkadang membuat mereka melupakan kewajiban berolahraga. Untuk itu, konsep perumahan yang menawarkan fasilitas olahraga cukup banyak diminati oleh pasar. Umumnya pengembang menyediakan jogging track dan taman di lingkup perumahannya. Ada pula yang lebih serius menyisihkan lahan untuk membangun kolam renang, lapangan basket atau clubhouse bahkan ada beberapa yang sudah menyediakan gedung khusus untuk dijadikan sebagai pusat kebugaran. Sebagian besar masyarakat cukup malas apabila harus berolahraga dengan menempuh jarak cukup jauh kembali untuk mencapai tempat berolahraga.

Konsep agamis
Belakangan ini perumahan berkonsep agamis cukup populer dipasarkan pengembang lokal. Sebagai contoh, perumahan syariah yang mengutamakan syariat Islam dalam metode transaksi kepemilikan rumah. Terdapat beberapa gagasan yang diterapkan dalam metode ini seperti tanpa riba, tanpa sita, tanpa denda, serta tanpa akad yang bermasalah dan tanpa bank.
Namun ada pula perumahan syariah yang menerapkan konsep Islami dalam desain arsitekturnya. Sebagai contoh; jika rumah pada umumnya hanya memiliki satu akses pintu, berbeda dengan perumahan Royal Sakinah yang memiliki akses pintu berjumlah dua. Alasannya sebagai wujud ranah privasi bagi penghuni khususnya perempuan.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh developer atau pengembang perumahan di Bogor untuk mengupgrade ide-idenya. Mualai dari pertemuan – pertemuan dengan komunitas sesame developer atau dengan berpergian ke luar negeri. Kita bisa melihat beragam bentuk dan desain rumah yang lebih unik dan menarik. Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat buta akan mata mereka. Mereka sangat menyukai hal hal yang tampak indah dan menarik untuk mereka miliki. Hal ini bisa kamujadikan sebagai celah dan kesempatan emas demi mendapatkan calon pembeli.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar