Senin, 30 Juli 2018

Penyebab Air Cooler Tidak Dingin,Ketahui Yuk

Posted by Iwak Kalataw on 04.28 with No comments
 
Saat ini air cooler telah menjadi salah satu piihan masyarakat untuk mendinginkan ruangannya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, produk air cooler yang merupakan perangkat elektronik ini semakin hari semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Tapi seiring penggunaan, produk yang memiliki kemampuan meningkatkan kelembaban udara hingga menciptakan kesejukan, bisa saja membuat air cooler tidak bisa memberikan sensasi dingin yang optimal. Nah bila memang air cooler di rumah Anda mulai tidak memberikan efek dingin yang maksimal maka Anda harus mulai curiga. Karena bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh sesuatu. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat air cooler tidak lagi menghasilkan udara sejuk dan dingin.

1.    Filter Tertutup Debu
Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab air cooler tak lagi menghadirkan udara dingin yakni filter yang tertutup debu. Seiring penggunaan, filter pada air cooler memang sangat mungkin dimasuki debu atau kotoran dari udara lainnya. Nah karena filter ini punya fungsi untuk menyaring udara dan menghembuskannya ke ruangan maka bila ada debu yang menutupinya pasti akan berpengaruh pada tingkat kesejukan udara. Untuk mengatasi hal ini maka Anda harus membersihkan filter tersebut.
Untuk membersihkan filter air cooler, Anda bisa menggunakan vaccum cleaner. Nyalakan vaccum cleaner dan arahkan ke filter air cooler yang berdebu. Jika Anda ingin hasil yang benar-benar maksimal maka Anda harus melepas filter tersebut dan membersihkannya dengan merendam dengan campuran deterjen selama kurang lebih 10 menit. Saat debu sudah terangkat maka Anda tinggal membilasnya dengan air bersih serta mengeringkannya. Setelah itu pasang lagi filter yang sudah bersih dan udara akan kembali terasa sejuk dan dingin. 

2.    Penempatan Air Cooler di Ruang Tertutup
Berikutnya, hal yang dapat menjadi penyebab tidak dinginnya udara yang dihembuskan air cooler yaitu penempatannya yang tidak tepat. Biasanya air cooler yang tidak menghasilkan udara sejuk yang maksimal tersebut ditempatkan pada ruangan yang tertutup dengan sirkulasi udara yang tidak baik. Maka dari itu agar air cooler bisa menghasilkan udara sejuk yang optimal maka Anda harus menempatkan perangkat ini di ruangan terbuka dengan sirkukasi udara yang baik. Selain akan membuat air cooler bekerja maksimal menghasilkan udara sejuk, penempatan air coller di ruangan terbuka juga dapat menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan karena kelembaban yang terlalu tinggi.

3.    Air Dalam Tangki yang Berkurang

Seperti kita ketahui bersama bahwa mekanisme atau sistem kerja air cooler untuk menghasilkan udara sejuk ini adalah dengan memanfaatkan air dingin dalam tangki. Nah dari sinilah maka keberadaan air dingin atau es dalam tangki sangatlah krusial guna menghadirkan kesejukan. Bila kemudian air dingin atau es yang ada dalam tangki ini berkurang atau bahkan habis maka hal tersebut akan membuat udara tak lagi dingin. Maka dari itu Anda yang ingin selalu merasakan kesejukan dari air cooler harus selalu siap sedia mengisi ulang air dingin bila akan akan habis.

4.    Tidak Adanya Fitur Pendingin
Terakhir, faktor penyebab air cooler tak lagi menghasilkan udara dingin adalah tidak adanya fitur pendingin. Seiring penggunaan memang perangkat air cooler bisa menurun performanya. Tapi bila air cooler Anda memiliki fitur pendingin maka Anda bisa mengaktifkannya sehingga air cooler kembali bisa menghasilkan udara dingin.
Nah, kalau Anda sudah mengerti apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan air cooler Anda tidak dingin, maka ada baiknya Anda baca juga tentang pengertian air cooler. Semoga dapat membantu yaa, salam!
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar