Jumat, 02 Agustus 2019

Apa Itu SOP dan Mengapa Harus Dibuat SOP

Posted by clash dragon on 23.14 with No comments

Apa itu SOP? Tentunya bagi Anda yang bekerja disebuah perusahaan maupun bagi Anda yang terikat dengan sebuah lembaga, SOP menjadi hal yang tidak asing lagi. Pasalnya memang SOP sendiri menjadi salah satu instrumen penting dalam sebuah perusahaan. Keberadaan SOP menjadi vital karena tanpa SOP, pekerjaan tidak akan terlaksana secara efektif dan efisien. Nah bagi Anda yang belum paham betul dengan apa itu SOP, yuk kita kupas tentang SOP.

SOP merupakan singkatan dari standar operasional sistem yang mana di dalamnya memuat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tata kerja. Untuk itu setiap perusahaan, organisasi, maupun setiap lembaga tentunya memerlukan yang namanya SOP untuk memberikan panduan tentang berbagai tugas dan fungsi daripada setiap elemen yang berada dalam sebuah unit kerja. 

SOP menjadi instrumen penting sebagai sebuah dokumen yang mengatur, memudahkan, menertibkan, serta merapikan pekerjaan sesuai dengan tupoksi setiap unit dalam sebuah perusahaan. Jadi SOP sendiri merupakan sebuah pedoman maupun panduan atau acuan yang dapat digunakan untuk menjelaskan tugas-tugas dari setiap unit dalam sebuah perusahaan untuk dapat bekerja dengan efektif dan efisien. 

Lalu mengapa dibuat SOP? Nah perusahaan tentu memiliki banyak alasan yang beragam mengenai mengapa pentingnya dibuat SOP. Namun pada umumnya SOP sendiri merupakan sebuah panduan atau tata cara dalam melasakanan tugas kerja sehigga penting untuk dibuat sebagai petunjuk bagi para pekerja. Nah apabila terkadi kesalahan atau dugaan penyelewengan dalam sebuah tugas, maka SOP dapat digunakan untuk memastikan apakah benar terjadi sebuah kesalahan. 

 apa itu SOP yang selanjutnya adalah karena SOP sendiri sebagai acuan yang disusun untuk menjadi kerangka penilaian terhadap setiap unit kerja dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan juga tanggung jawabnya. Untuk lebih lengkapnya tentang alasan mengapa SOP harus dibuat yaitu sebagai berikut:

1.    Dengan adanya SOP, dapat menjadikan pekerja lebih mandiri dan tidak hanya bergantung pada intervensi dari atasan, karena di dalam SOP sendiri sudah memuat bagaimana tentang tata cara kerja yang lebih lengkap.
2.    Dibuatnya SOP dapat digunakan sebagai standarisasi tentang cara yang harus dilakukan dalam menyelesaikan sebuah pekerjan khusus. Adanya SOP juga diharapkan dapat mengurangi kesalahan dan kelalaian.
3.    SOP dapat meningkatkan akuntabilitas organisasi yakni dengan mendokumentasikan tanggung jawab yang khusus untuk melaksanakan tugas dari setiap unit kerja.
4.    SOP sebagai ukuran standar kinerja setiap unit kerja dan juga memberikan petunjuk tentang cara yang konkret dalam memperbaiki kinerja apabila terjadi sebuah kesalahan. SOP juga dapat dijadikan bahan evaluasi kinerja yang telah dilaksanakan.
5.    SOP dibuat gunna memberikan penjelasan sekaligus menjadi bahan training yang dapat membantu pekerja baru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehingga pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan baik dan secara konsisten.
6.    Dibuatnya SOP juga berfungsi untuk menghindari tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas yang mungkin saja terjadi karena adanya miskomunikasi maupun miskoordinasi antar unit kerja.
7.    Dibuatnya SOP juga dapat menunjukkan bahwa kinerja sebuah perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta dapat dikelola dengan baik.

Pada intinya SOP memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mensukseskan sebuah pekerjaan. Untuk itu mengapa SOP menjadi instrumen wajib dalam perusahaaan, instansi, maupun lembaga. Pembuatan apa itu SOP tentunya juga harus diperbaharui dan terus disempurnakan sehingga nantinya dapat benar-benar menghasilkan  pedoman yang benar-benar efektif dan efisien.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar